Senin, 02 Mei 2011

KONSEP DASAR DAN TEKNOLOGI WEB
World Wide Web secara luas lebih dikenal dengan istilah Web. Web pertama kali diperkenalkan pada tahun 1992. Hal ini sebagai hasil usaha pengembangan yang dilakukan CERN di Swiss. Internet dan web adalah dua hal yang berbeda. Internet lebih merupakan perangkat keras,sedangkan web adalah perangkat lunak. Selain itu, protokol yang dipakai oleh keduanya juga berbeda. Internet menggunakan TCP/IP sebagai protokol operasionalnya, TCP/IP (singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet. Protokol ini tidaklah dapat berdiri sendiri, karena memang protokol ini berupa kumpulan protokol (protocol suite). Protokol ini juga merupakan protokol yang paling banyak digunakan saat ini. Data tersebut diimplementasikan dalam bentuk perangkat lunak (software) di sistem operasi.
Sedangkan web menggunakan HTTP (Hyper Text Transfer Protocol). Pengertian HTTP atau definisi HTTP (HyperText Transfer Protocol) adalah sebuah protokol untuk meminta dan menjawab antara client dan server. Sebuh client HTTP seperti web browser, biasanya memulai permintaan dengan membuat hubungan TCP/IP ke port tertentu di tempat yang jauh (biasanya port 80).
Web disusun dari halaman-halaman yang menggunakan teknologi web dan saling berkaitan satu sama lain. Suatu standar teknologi web saat ini sudah tersusun, meskipun penerapannya belum didukung oleh seluruh pengembang web. Standar ini disusun oleh suatu badan yaitu World Wide Web Consortium (W3C). Standar ini dibutuhkan karena semakin banyaknya variasi dalam teknologi web sehingga terkadang satu sama lain tidak kompatibel.
Standar Teknologi Web
Secara umum teknologi disain web terbagi menjadi beberapa layer
(lapisan), yaitu structural layer, presentation layer dan behavioral layer.

• Structural layer
Layer ini berhubungan dengan struktur dokumen dokumen web. Bagaimana sebuah dokumen tersusun, format apa yang dipakai, tanda atau mark up apa yang digunakan merupakan bagian dari layer ini. Standar teknologi yang direkomendasikan saat ini adalah Extensible Hypertext Markup Language (XHTML) dan Extensible Markup Language (XML). XHTML adalah HTML versi terakhir (4.01) yang ditulis ulang dengan dengan aturan-aturan yang lebih ketat mengacu pada XML. Sedangkan XML adalah sekumpulan aturan untuk menyusun bahasa markup. Rekayasa Perangkat Lunak361
• Presentation layer
Layer ini berhubungan dengan bagaimana mengatur tampilan dokumen pada layar, suara yang keluar, atau bagaimana format pencetakan dokumen. Pada teknologi web lama bagian ini menyatu denganstructural layer. Tapi pada standar baru, layer ini disarankan untuk dipisah. Yang termasuk teknologi ini adalah Cascading Style Sheets(CSS).
• Behavioral layer
Layer ini berhubungan dengan masalah penggunaan bahasa skrip dan pemrogramannya untuk tujuan meningkatkan sisi interaktif dan dinamis halaman web. Yang termasuk dalam layer ini adalah Document Object Model (DOM) dan JavaScript. DOM memungkinkan suatu dokumen atau skrip untuk mengakses atau meng-update isi, struktur, dan style dari dokumen. JavaScript merupakan teknologi yang cukup lama dan tetap digunakan untuk menambah dokumen menjadi lebih interaktif.
Web Statis dan Web Dinamis
Halaman web dapat digolongkan menjadiweb statis danweb dinamis. Pengertian web statis dan web dinamis seringkali mengundang perdebatan. Sebagian pengguna internet menyatakan jika pada halaman-halamanweb dilengkapi dengan animasi yang bergerak maka disebutweb dinamis sedangkan jika halaman-halamanweb tersebut hanya berisi teks dan gambar yang tidak bergerak maka disebutweb statis. Namun berdasarkan kesepakatan maka pengertian statis dan dinamis tidak ditentukan oleh ada atau tidaknya animasi bergerak pada halaman-halamanweb, tetapi ditentukan oleh isi atau informasi yang ada pada halaman-halaman tersebut.
Data dan informasi yang ada padaweb statis tidak berubah-ubah. Dokumenweb yang dikirim kepada client akan sama isinya dengan apa yang ada di web server. Sedangkan web dinamis, memiliki data dan informasi yang berbeda-beda tergantung input apa yang disampaikanclient. Dokumen yang sampai di client akan berbeda dengan dokumen yang ada di web server.
Contoh paling mudah untuk membedakanweb statis danweb dinamis adalah bila kalian membuka situs Google. Halaman awal adalah statis karena kita tidak melihat perubahan isi atau informasi. Halaman ini baik di komputer client maupun di web server akan sama. Namun begitu kita memasukkan kata pada textbox yang tersedia kemudian menekan tombol search maka kita sedang berinteraksi dengan web server Google. Web server akan mengirimkan halaman web sesuai yang diminta oleh client. Tampilan di sisi client akan berupa daftar alamat dan keterangannya. Sedangkan di sisiserver isi dokumennya adalah serangkain kode-kode untuk mencari apa yang diinputkan client. Bab ini secara khusus akan mempelajari tentang pembuatan web statis .
PERSIAPAN PEMBUATAN WEB
Pembuatan halamanweb membutuhkan persiapan tidak saja pengetahuan tentang bagaimana disain halamanweb, namun juga perlu dukungan persiapan perangkat keras, perangkat lunak, dan yang lainnya.
Perangkat Keras
Perangkat keras yang dibutuhkan untuk pembuatan halamanwebtidak berbeda jauh dengan kebutuhan komputasi biasa. Seperangkat komputer lengkap dengan CPU, monitor, keyboard, mouse, printer dan beberapa perangkat tambahan lain sudah dapat digunakan untuk membuat halamanweb. spesifikasi tergantung dari perangkat lunak yang akan diinstal pada perangkat komputer tersebut. Jika kita menginstal web server, pengolah gambar untuk disain halamanweb, HTML editor yang komplet, tentu kita membutuhkan spesifikasi yang lebih tinggi.
Perangkat Lunak

• Sistem operasi
Sistem operasi memegang peranan penting dalam pembuatanwebkarena pada sistem operasi itu akan ditanamkan (diinstal) web server, webeditor, sistem manajemen basis data dan bahasa pemrograman. Artinya pilihan pada sistem operasi tertentu akan menentukan pula pilihan web server, perangkat pengembang dan bahasa pemrograman yang akan digunakan. Hal ini dikarenakan adanya masalah kompatibilitas antar perangkat lunak. Sebagai contoh, apabila kita memilih menggunakan sistem operasi Linux maka kita tidak dapat menginstal IIS sebagai web server.
Selain masalah kompatibilitas, hal lain yang juga perlu dipertimbangkan dalam penentuan sistem operasi yang akan kita gunakan padaserver adalah masalah keamanan, stabilitas, kemudahan konfigurasi. Keamanan berhubungan dengan kemampuan sistem operasi untuk melindungi diri dari serangan virus, spam, atau kode-kode jahat yang sengaja disusupkan. Kemampuan ini sangat penting diperhatikan karena lalu lintas data dalam internet sangat rentan terhadap gangguan virus, spam, dan pengganggu lainnya. Stabilitas berhubungan dengan kemampuan sistem operasi untuk bekerja terus-menerus untuk merespon permintaanclient. Kemudahan konfigurasi berhubungan mudah tidaknya konfigurasi dilakukan terhadap sistem operasi dalam perannya sebagaiserver.
• Web Server
Web server adalah perangkat lunak yang bertindak melayani permintaan- permintaan client terhadap halaman-halaman web tertentu. Ada beberapa nama yang cukup populer dalam dunia web server. Diantaranya adalah Apache dan IIS (Internet Information Service). Sampai dengan Desember 2007, wikipedia mencatat Apache berada dalam posisi pertama sebagai web server yang paling banyak digunakan, disusul IIS. Apache dapat digunakan baik untukweb statis maupunweb dinamis dan
mendukung banyak platform sistem operasi dan bahasa pemrograman server, antara lain Perl, Phyton, Java (JSP dengan menggunakan Tomcat) dan tentu saja PHP. Fungsi-fungsi keamananweb juga dikendalikan dengan sangat baik. Dukungan pada koneksi dengan berbagai basis data, seperti MySQL, SQL Lite, PosgreSQL, Oracle, DB2 dan lain-lain dapat dilakukan dengan baik.
IIS adalah web server keluaran Microsoft. Sebutan web server bagi IIS mungkin tidak terlalu tepat, karena selain web server, IIS juga memberikan fasilitas file server, email server dan layanan lain berbasis internet. Oleh karena itu istilah yang tepat mungkin adalahinternet based-service.
Perangkat lunak ini dibundel dalam sistem operasi Microsoft Windows. Namun secara default tidak langsung diinstall. Sehingga kalau kita mau menggunakannya kita harus menginstall lebih dulu. Gambar 13.3 menunjukkan bagaimana IIS diinstall.
• Web / HTML Editor
Web / HTML Editor adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat halaman-halamanweb, baik yang bersifat statis maupun dinamis. Di pasar perangkat lunak, saat ini tersedia banyak sekali jenis perangkat pengembangweb, mulai dari yang sederhana sampai yang canggih dan kompleks. Namun sebenarnya untuk membuat halamanweb baik statis maupun dinamis kita dapat menggunakan teks editor biasa seperti Notepad atau Vi. Hanya saja teks editor tidak menyediakan fasilitas-fasilitas yang memudahkan kita dalam membuat halamanweb. Pada perangkat pengembangweb yang lebih kompleks seperti Adobe Dreamweaver (dulu Macromedia Dreamweaver), Microsoft Visual Studio .Net, dan beberapa yang lainnya, kita akan mendapati fasilitas yang sangat membantu mempercepat pembuatan halamanweb, antara lain: tampilan berbasis GUI, automatic code completion (melengkapi kode secara otomatis), WYSIWYG (What You See Is What You Get) HTML Editor, koneksi ke basis data yang lebih mudah, dan banyak lagi fasilitas. Tentu saja perangkat pengembang ini berharga relative mahal. Pada bagian lain dari bab ini kalian akan diajak untuk mengenali sedikit beberapa perangkat lunak ini.

• Web Browser
Web browser berfungsi menerjemahkan kode-kode HTML menjadi tampilan yang kita kehendaki. Ada banyak Web Browser tersedia di internet. Hampir semuanya dapat kitadownload secara bebas. Beberapa nama yang cukup terkenal antara lain Microsoft Internet Explorer, Firefox, Opera atau Safari. Microsoft Internet Explorer adalah default web browser pada sistem operasi Microsoft Windows (lihat Gambar 13.4). Firefox adalah default web browser pada sebagian besar sistem operasi Linux. Safari adalah default web browser pada sistem operasi Mac OS X (lihat Gambar 13.5). Sedangkan Opera adalah web browser keluaran Opera Software yang dapat berjalan pada berbagai platform sistem operasi.
MEMBUAT DAN MENGUJI HALAMAN WEB
Ada dua model dalam pembuatan halamanweb statis. Yang pertama adalah membuat halaman-halaman tersebut pada komputer lokal, kemudian setelah berhasil dipindahkan ke lokasi di web server. Model kedua adalah langsung membuat halaman-halaman web di lokasi web server. Lokasi web server dapat berada di satu komputer yang sama dengan tempat pembuatan halaman web atau di komputer lain yang berperan sebagaiserver. Cara pertama lebih mudah dilakukan karena tidak membutuhkan kerja web server di tahap disain. Pada bagian ini kita akan mencoba cara ini.
Buatlah direktori pada komputer kalian. Jika kalian menggunakan sistem operasi Windows, kalian tinggal buka Windows Explorer kemudian klik kanan pada area Windows eksplorer dan pilih New kemudian pilih Folder. Beri nama misalkan LatihanWeb. Jika kalian menggunakan Linux, buka file manager yang tersedia misalnya Konqueror, Nautilus, atau Thunar. Lakukan cara yang sama seperti pada Windows Explorer. Umumnya suatu situsweb tidak hanya berisi satu halaman webtetapi kumpulan dari beberapa halamanweb yang saling berkait. Biasanya pengembangweb membuat struktur direktori untuk mempermudah pengaturan halaman. Perhatikan struktur direktori sebuah situsweb pada halaman awal suatu situs web biasanya berupa halaman web yang diberi nama home page. Biasanya filenya diberi nama index.html (atau bisa juga index.php, index.jsp, index.asp jika menggunakan bahasa skripserver). Di dalam direktori yang sama dengan index.html ini biasanya ada direktori-direktori lain yang berisi halaman-halaman yang dikelompokkan berdasarkan kedekatan tema atau berdasarkan pengelompokkan lain. Selain itu ada direktori lain yang digunakan untuk menyimpan elemen-elemen yang digunakan dalam halaman web. biasanya berisi file-file gambar, teks, audio, video atau elemen-elemen yang lain.
Buatlah struktur direktori seperti di atas dengan cara menambahkan sub direktori di bawah direktori Latihan Web yang telah kalian buat. Beri nama sesuai keinginan kalian, tetapi usahakan nama direktori menunjukkan apa isi dari direktori tersebut. Buka teks editor, misalkan Notepad kemudian ketikkan kode berikut ini.
Simpan dengan nama index.html dan letakkan di direktori LatihanWeb Untuk menguji file tersebut, klik ganda pada file index.html.

1 komentar:

  1. Terima kasih ya gan atas artikelnya, thanks for sharing :) inspiratif..!!!

    BalasHapus